Pasang Tarif Kelewat Mahal, BRTI Panggil Telkomsel

Pasang Tarif Kelewat Mahal, BRTI Panggil Telkomsel

Telkomsel-Head-Office

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memanggil Telkomsel terkait tarif data internet di kawasan Indonesia bagian Timur yang terlalu mahal. Selain berhadapan dengan BRTI, Telkomsel pun harus menjelaskannya di hadapan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Anggota BRTI, Rolly Rochmad Purnomo, mengatakan permasalahan tarif yang dipatok oleh operator yang identik dengan warna merah itu di kawasan Indonesia bagian timur sedang didiskuskan. Disebutkannya, salah satu opsi dari penyelesaiannya dengan memanfaatkan dana Universal Service Obligation (USO).

“Namun, penggunaan dana USO ini belum tentu bisa digunakan sebagai cara dalam mensubsidi tarif operator yang kemahalan,” ujar dia Kementerian Kominfo, Selasa, 28 Juli 2015.

Pemanggilan Telkomsel ini bisa jadi dipicu oleh sebuah petisi di situs Change.org. Petisi yang bertajuk “Internet Untuk Rakyat: Save @Telkomsel @KemenBUMN @kemkominfo” ini memang cukup ramai beredari di jejaring sosial. Hingga hari ini 30 Juli 2015, sudah ada 10.897 orang yang menandatangani petisi ini dari total target 15000. Petisi yang dibuat oleh Djali Gafur ini mengeluhkan metode pembagian tarif yang dilakukan Telkomsel menjadi 12 Zona.

Telkomsel-Tarif

Pembagian zona ini, menurut Djali Gafur membuat pelanggan di Indonesia Timur mulai teriak. Karena seperti diketahui, tiap zona yang dipilah oleh Telkomsel itu berbeda harga satu sama lainnya. Tentu saja, misal, zona 1 yang dihuni kawasan Pulau Jawa lebih murah ketimbang di zona 12 yang merupakan daerah di Papua Barat.

“Kami di zona 12 tak punya pilihan lain. Telkomsel seakan sudah menyatu dalam hidup kami. Terlebih karena provider internet yang punya jaringan paling mantaap dan merata hanya Telkomsel. Sehingga Telkomsel jadi semacam jendela kami melihat dan berbicara pada dunia,” cetusnya dalam petisi tersebut.

Dalam petisi tersebut, juga ia mencontohkan perbedaan harga antara zona 1 dan zona 12 yang bisa mencapai 100 persen. Semisal peket data 2GB di zona 1 hanya Rp 65.000 sementara di zona 12 harganya Rp 120.000. Lewat petisi ini, Gafur ingin menyampaikan permintaan sederhananya, yaitu Telkomsel diminta berbuat adil dalam penetapan tarif.

“Kadang kami berfikir bahwa ketimpangan ini sungguh tidak adil. Warga di sini butuh akses internet yang manusiawi, murah lebih baik (lelet dikit engak masalah) biar akses informasi, pendidikan, pariwisata, pemerintahan, industry kreatif dan geliat ekonomi bisa hidup.”
Sementara itu, Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan bahwa mereka mengucapkan terima kasih karena ini merupakan bentuk perhatian terhadap perusahaanya.

“Kita melihat petisi ini merupakan bentuk perhatian sekaligus feedback bagi Telkomsel dan untuk itu kami mengucapkan terima kasih banyak. Masukan ini akan kami jadikan perhatian utama agar dapat memberikan layanan yg lebih baik lagi bagi masyarakat khususnya pelanggan di daerah timur Indonesia,” kata Adita

Telkomsel-Tarif2

Menanggapi berita ini, beberapa netizen ikut menyuarakan pendapatnya. Beberapa bahkan menyatakan, meski berada di Zona 1 tarif yang di patok Telkomsel bisa dibilang cukup mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan operator lain. Hal ini juga sempat turut memicu seorang pengguna facebook, membuat sebuah fanpage bernama Telkomsel itu MAHAL! . Meski terakhir kali aktif pada 2014 yang lalu, masih banyak orang yang turut menuangkan curhat nya di fanpage tersebut hingga juli tahun ini.

Nah, bagaimana menurut kalian? Apakah Telkomsel memang harus menurunkan harga meski berdampak pada kualitas, atau tidak apa-apa Telkomsel mematok harga mahal asal kualitas baik? Tuliskan komentar kalian ya

Pengen Main Poker, Domino, Ceme dan BlackJack Online?? SukaQQ Solusinya
Min Depo dan Withdraw : 25.000
Dapatkan Juga Bonus Yang Telah Di sediakan SukaQQ
– Bonus Deposit 10% ( setiap harinya anda bisa claim 1x )
– Bonus Referral 10%
– Bonus CashBack 0,3% ( yang akan di bagikan setiap harinya )

Daftar di http://www.sukaqq.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s