Bahaya Jika Kekurangan Tidur

Ranjas Das, CEO dan MD SAP-INDIAN Subcantinent
Ranjas Das, CEO dan MD SAP-INDIAN Subcantinent

Ranjan Das, CEO dan MD SAP-Indian subcontinent meninggal setelah terkena serangan jantung di Mumbai baru-baru ini. Dia adalah salah satu CEO termuda & usianya baru 42 thn.

Apa sebenarnya penyebab kematian Ranhan Das?

Dia sangat rajin berolahraga, penggila fitnes dan seorg pelari maraton juga

Setlh berolahraga, ia tdk sadarkan diri krn serangan jantung & meninggal. Dia punya istri & 2 anak yg msh kecil.
Hal ini hrs jd perhatian utk semua prrusahaan besar di india, terutama para pimpinannya.
Pertanyaannya adalh knp seorg yg sangat aktif berolahraga & seorg pelari, bisa kena serangan jantung di umur yg msh 42 thn.
Semua org melewatkan sebaris kalimat dlm laporan, bhw Ranjan biasa tidur hanya 4-5 jam.
Dlm wawancara seblmnya
dgn Ranjan, ia. mengakui selalu kurg tidur & ingin bisa tidur lbh byk.

Lama waktu tidur yg singkat (<5 or 5-6 jam) bisa meningkatkan risiko darah tinggi sebsr 350% -500% dibanding org yg tidur >6 jam/mlm.

Orang berumur 25-49 thn 2x lbh bsr terkena drh tinggi jika kurang tidur .

Org yg tidur < 5 jam/mlm berisiko terkena serangan jantung 3x lipat.
1 malam kurang tidur meningkatkan zat racun dlm tubuh spt Interleukin-6 (IL-6), Tumour necrosis factor-alpha (TNF-alpha) and C-reactive protein (CRP). Jg menyebabkan kanker, arthritis dan penyakit jantung.

Tidur <=5 jam per mlm memicu risiko skt jantung 39% . Tidur <=6 jam memicu risiko sakit jantung 8%.
Berapa lama tidur yg ideal.

Singkatnya, tidur terdiri dr 2 tahap: REM (Rapid Eye Movement) dan non-REM. REM membantu kesehatan mental sementara nonREM membantu pemulihan tubuh & pembentukan sel.

Tdk heran jika seseorg bangun dari tidur yg hanya 5-6 jam, ia akan mudah marah sepanjang hari.

Dan jika seseorg tidur krg dr 5 jam, tubuh msh sangat lelah (lack of non-REM sleep), dan imunitasnya jg turun.

Kesimpulannya : utk mengontrol stres, Ranjan melakukan segala sesuatu yg dianggapnya sehat: makan yg makanan sehat, olahraga, menjaga berat badan. Tp ia tidak memperhatikan lama istirahatnya (tidur min 7 jam). Itulah yg membunuhnya. Dan Ranjan tidak sendiri dlm hal ini.

Do Share it with all the Good People In ur Life…

From:
DR.N Siva
(Senior Cardiologist)

Let’s get some sleep!

RP from Mr JMFS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s