Bahaya Dari Social Media Terhadap Anak di Bawah Umur

dalam-waktu-4-hari-video-ini-ditonton-lebih-dari-24-juta-kali

Sosial media seperti Facebook, kerap digunakan pelaku kriminal, seperti penculik anak dan pedofil untuk menjerat korbannya. Salah satunya seperti yang dialami siswi SMP di Cirebon yang diculik dan disekap selama tiga hari oleh pelaku yang dikenalnya di Facebook.

Untuk menghindari tindak kriminal kepada remaja putri akan bahaya penculikan oleh orang yang dikenal di Facebook, pemilik channel YouTube Coby Persin membuat eksperimen pertemuan dengan remaja putri yang baru dikenalnya. Pertemuan itu dilakukan setelah ia berkomunikasi dengan remaja tersebut selama 3 hingga 4 hari.

Dalam melakukan eksperimen, Coby terlebih dahulu meminta izin kepada orangtua remaja putri tersebut. Saat melakukan aksinya, Coby membuat akun Facebook palsu yang menggunakan nama Jason Biazzo yang berusia 15 tahun.

Dari ketiga eksperimen tersebut, Coby dan ketiga orangtua remaja tersebut terkejut dengan pengalaman yang akan dialaminya. Ketiga remaja tersebut mau menemui Coby di tempat yang telah ditentukan.

Salah satunya Mikayla. Remaja berusia 13 tahun ini menemui Coby di taman dekat rumah Mikayla. Melihat perbuatan putrinya, ayah Mikayla yang dari awal bersembunyi, keluar dan memarahinya.

“Kamu tahu apa yang kamu perbuat? Bisa saja orang yang kamu temui ini adalah penculik atau pedofil,” ujar ayah Mikayla.

Kejadian yang sama juga terjadi saat Coby mengajak Julian (12) dan Jenna (14) untuk bertemu. Keduanya bahkan mau menemui Cody pada malam hari. Hal ini kemudian menjadi perhatian kedua orangtua remaja tersebut. Mereka memberi peringatan agar anaknya tidak lagi menemui orang yang baru dikenalnya di Facebook.

Video ini mengajarkan orangtua agar mewaspadai dengan siapa anaknya berteman di media sosial. Sejak diunggah pada Selasa (10/8) hingga Jumat (14/8), video berjudul ‘The Dangers Of Social Media (Child Predator Social Experiment)’ telah ditonton sebanyak 24.062.169.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s