Film Indonesia Yang Bisa Jadi Game: The Raid Series

Percaya atau tidak, sebenarnya masih ada film Indonesia yang bisa dijadikan sebagai bahan game, salah satunya adalah: The Raid!

cover-theraidstarwars1

Infosukaqq – Saat ini, kita sudah banyak sekali melihat beberapa film dibuat menjadi game, ataupun sebaliknya. Akan tetapi, kebanyakan film-film tersebut adalah film buatan barat/luar negeri –dan bukannya Indonesia. Padahal, jika kita menilik kembali film-film Indonesia, banyak kok film-film yang berkualitas dan bahkan ada beberapa yang sampai menembus papan perfilman internasional –salah satunya saja: The Raid. Nah, The Raid ini tentu saja bisa dibuat sebagai bahan film sebagaimana orang luar negeri mengubah film mereka menjadi game.

Memang ada kemungkinan bahwa The Raid bisa saja dibuat oleh developer internasional –karena film ini sendiri ber-skala Internasional. Tapi, bukannya tidak mungkin game ini dibuat sendiri oleh anak bangsa. Mungkin sebagian dari kalian akan ada yang pesimis: ‘Ah, Indonesia mana mungkin bisa bikin game!’. Eits, jangan salah! Karena kini developer game Indonesia sudah menjamur dan produktif. –beberapa bahkan sudah berhasil menelurkan game berskala internasional (contoh paling gampang: DreadOut). Semua itu, ditambahkan dengan sudah adanya IGRS –Indonesia Game Rating System– menandakan bahwa industri game Indonesia sudah cukup maju untuk membuat game sendiri.

Oke, sekarang kita akan membicarakan bagaimana The Raid (dan juga tentunya The Raid 2: Berandal) bisa menjadi game material:

Dunia The Raid Yang Luas

The-Raid-1

The Raid menceritakan tentang Rama yang bergabung dalam pasukan polisi khusus yang berusaha untuk menyerbu sebuah gedung apartemen yang penuh dengan gangster, penjahat dan pembunuh serta gembong narkoba. Setelah perjuangan yang sulit, penyerbuan ini pun berhasil –tentu saja dengan jatuhnya banyak korban dari kedua belah pihak. Cerita berlanjut ke The Raid 2: Berandal, dimana Rama bertemu dengan Bunawar dan mengatakan bahwa penjahat yang mereka berantas hanyalah sebagian kecil dari sindikat kriminal yang lebih besar. Rama pun diajak untuk bergabung dan menjadi mata-mata bagi Bunawar untuk menyusup kedalam kelompok mafia yang dipimpin oleh seorang bernama Bangun.

The-Raid-2-14

Meski cerita The Raid sendiri tidak begitu luas –hanya menceritakan penyerbuan ke dalam gedung apartemen, tetapi materi cerita yang ada cukup bagi The Raid untuk menjadi sebuah game. Yah, paling tidak The Raid berpotensi menjadi sebuah game simple dimana player diharuskan menyerbu sebuah apartemen.

The Raid 2: Berandal sendiri memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan The Raid. Dengan adanya mafia dan juga lebih banyak karakter, banyak yang bisa diangkat untuk menjadi bahan sebuah game. Oh, dan membicarakan tentang banyaknya pilihan karakter…

Banyak Pilihan Karakter

The-Raid-2-Poster-1

 

Yep, baik The Raid maupun The Raid 2 memiliki banyak sekali pilihan karakter. Mulai dari Rama, sersan Jaka, Mad Dog yang legendaris ‘greget’-nya, hingga Baseball Bat-Man serta si seksi Hammer Girl semuanya menarik jika dibuat menjadi karakter game. Dan masih berhubungan dengan alasan pertama, setiap karakter memiliki sudut pandangnya masing-masing untuk diceritakan. Hal tersebut, ditambahkan dengan gaya bertarung mereka yang juga berbeda-beda, membuat setiap karakter menjadi unik. Jadi, selain game yang diadaptasi dari cerita utama/main storyline, The Raid dan The Raid 2: Berandal pun memiliki potensi untuk menjadi sebuah game dengan cerita spin-off.

Tentu Saja, Banyak Pilihan Gameplay

The-Raid-2-28

Storyline yang luas? Cek! Banyak pilihan karakter? Cek! The Raid dan The Raid 2: Berandal memiliki banyak sekali pilihan gameplay jika dijadikan sebuah game. Jika melihat cerita The Raid, film ini bisa berubah menjadi sebuah game FPS (First-Person Shooter) layaknya Call of Duty dan mungkin juga bisa digunakan sebagai game multiplayer FPS layaknya Point Blank atau Counter Strike (tim terdiri pasukan penyerbu dan kelompok penjahat). Oh, dan sudahkah saya menyebutkan bahwa banyak sekali pilihan senjata yang bisa digunakan? Selain FPS, The Raid juga bisa dibuat menjadi game fighting.

Lain lagi dengan The Raid 2: Berandal. Melihat banyaknya karakter dan luasnya dunia serial The Raid melalui film ini, The Raid 2: Berandal bisa menjadi sebuah game Third-Person Shooter layaknya Max Payne atau mungkin juga Action-Adventure layaknya Batman: Arkham series. Oh, dan karena banyaknya karakter pula, game ini juga cocok untuk dibuat menjadi game fighting layaknya Mortal Kombat. Duh, siapa sih yang tidak tertarik melihat para karakter The Raid 2: Berandal bertarung hingga berdarah-darah? Fatality!!

Jika memang nantinya ada yang berminat membuat The Raid 2: Berandal menjadi game fighting, saya sarankan menambahkan Mad Dog sebagai DLC/unlockable charaters. Saya tertarik melihat Mad Dog melawan Prakoso

The-Raid-2-43

Singkat kata, banyak sekali pilihan yang bisa digunakan untuk membuat game berdasarkan The Raid!

Untuk Platform Apa?

The-Raid-2-4

Tentunya, kita ingin agar game yang dibuat berdasarkan The Raid ini memiliki grafis yang bagus –HD! Pilihan terbaik mungkin game ini bisa dibuat untuk platform PS4 atau Xbox One. Akan tetapi, mengingat kebanyakan gamer Indonesia (termasuk saya) lebih nyaman bermain game menggunakan PC, perilisan versi PC juga bukanlah sebuah ide yang buruk (Steam!!). Mungkin boleh saja The Raid diadaptasi sebagai game mobile, akan tetapi sepertinya sayang jika dibuat sebatas mobile bukankah begitu?

Bagaimana menurutmu, apakah kamu setuju jika The Raid dan The Raid 2: Berandal bisa dijadikan sebagai game material? Apakah kamu akan memainkannya jika film ini dibuat sebagai game? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s