22 Situs Download Film Bajakan Ini Diblokir Kemenkominfo!

duniaku-filmbajakan-2

Infosukaqq – Mungkin ini merupakan kabar gembira bagi insan perfilman di Indonesia, namun tidak bagi para penikmat film yang suka download film bajakan. Kemenkominfo mengkonfirmasikan bahwa mereka sudah memblokir 22 situs download film bajakan, terutama yang ditengarai mengedarkan film-film buatan dari Indonesia!

Situs-situs download yang diblokir ini diduga menayangkan film-film buatan Indonesia, terutama film-film yang menjadi anggota dari Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI). Bukan hanya download, situs-situs ini ditengarai juga menyebarkan film-film Indonesia tersebut dengan cara streaming langsung kepada user-nya. Akses pada 22 situs tersebut diblokir berdasarkan Peraturan Bersama Menkumham No. 14 tahun 2015 dan Menkominfo No. 26 tahun 2015 tentang Pelaksanaan Penutupan Konten dan atau Hak Akses Pengguna Pelanggaran Hak Cipta dan atau Hak Terkait Dalam Sistem Elektronik.

Dalam konferensi pers resmi yang sudah digelar pada tanggal 18 Agustus 2015 kemarin, Menkominfo Indonesia, Rudiantara menyatakan bahwa ini adalah upaya untuk menanggapi aduan APROFI mengenai situs-situs tersebut. Selain itu, upaya ini juga adalah untuk melindungi karya produsen film nasional dari para pembajak. “Yang ditawarkan di dunia maya tidak sesuai aturan yang berlaku. Demi memproteksi HAKI kita dari sisi kesenian harus kami blokir,” kata Rudiantara seperti dikutip dari pernyataan resmi Kemenkominfo. “Pemerintah ingin melindungi karya seniman Indonesia. Kerugian yang diderita oleh pencipta karya di Indonesia ini sudah luar biasa,” lanjutnya.

Tahap pemblokiran akses ini baru tindakan pertama yang dilakukan oleh Kemenkominfo. Nantinya, Kemenkominfo rencananya bakal menutup secara permanen 22 situs penyedia download film bajakan yang ada di Indonesia. Sedangkan situs torrent yang berada di luar negeri (dan biasanya kerap berganti domain) hanya akan ditutup aksesnya dari para pengguna internet di Indonesia. “Kami akan koordinasi dengan Menkumham apabila memungkinkan akan ditutup permanen. Pada sekarang kami akan batasi aksesnya. Perkara pergantian domain memang itu konsekuensinya, ya itu akan kami tutup lagi,” ucap Bambang Heru, Dirjen Aplikasi Informatika dari Kemenkominfo.

The-Raid-2-Poster-4

Tindakan dari Kemenkominfo ini pun mendapatkan tanggapan positif dari APROFI. “Dulu lolos dari bioskop ke DVD, sekarang pasar DVD juga udah enggak ada karena semuanya langsung dibajak ke internet. Karena banyak bajakan online Itu membuat jasa streaming resmi enggan investasi di Indonesia. Jadi dampaknya tidak ada additional income bagi produser,” ucap Fauzan Zidni, perwakilan dari APROFI. Fauzan menambahkan, ada sekitar 24 film yang dibajak di situs-situs yang diadukan tersebut, dan semuanya adalah film kategori box office seperti The Raid, Modus Anomali dan Laskar Pelangi.

Lantas, apa saja ke-22 situs download film bajakan yang diblokir Kemenkominfo ini? Berikut adalah daftarnya.

Ganool.com
Nontonmovie.com
Bioskops.com
Ganool.ca
Kilasan.to
Thepiratebay.se
Downloadfilmbaru.com
Ganool.co.id
21filmcinema.com
Gudangfilm.caa.im
Movie76.com
Isohunt.to
Cinemaindo.net
Bioskop24.net
Ganool.in
Unduhfilm21.net
Bioskopkita.com
Downloadfilem.com
Comotin.net
Movie2k.ti
Unduhmovie.com
21sinema.com

Bagaimana menurut kalian? Setujukah kalau situs download film bajakan ini diblokir atau bahkan ditutup secara permanen? Silahkan sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s