Uang Koin Indonesia Bernilai Tinggi yang Bisa Kamu Koleksi

Kenalan-sama-recehan

Infosukaqq – Koin. Mata uang logam ini sering diremehin. Koin suka dipakai untuk kerokan atau untuk cabut jenggot. Coba deh kalau koin kita jatuh, biasanya dibiarin aja, coba kalau uang kertas yang jatuh, apalagi kalau ketiup angin, pasti langsung dikejar. Padahal, koin tetap aja uang walaupun nominalnya kecil. Recehan kalau dikumpulin, lama-lama juga bisa beli pulau. At least beli kancut barulah..

Nah, Min-min mau ngajak kamu mulai menghargai koin nih. Berikut informasi singkatnya buat kamu.

Uang Koin Indonesia

Koin dicetak di Indonesia beberapa tahun setelah dicetaknya uang kertas. Maklum deh, bahan koin masih dianggap langka buat negara yang baru dibentuk kayak Indonesia dulu. Sama kayak uang kertas, koin juga punya gambar di dua sisinya, yang merupakan ciri khas dari masing-masing Negara. Di Indonesia nih, ada koin yang bergambar pahlawan, tanaman, dan yang paling banyak adalah gambar hewan.

Koin dengan pecahan paling kecil yang pernah beredar di Indonesia adalah 1 sen, yang dikeluarkan sama pemerintah di taun 1951. Ini kali ya duit jajan orangtua kita dulu? Gambarnya unik, karena berupa tulisan arab. Bentuknya juga unik, karena ada lubang di tengahnya, kayak donat gitu. Koin donat Indonesia lainnya adalah pecahan 5 sen.IMG_1620

Selain 1 dan 5, pecahan dalam bentuk sen yang pernah beredar adalah 10, 25 dan 50 sen. Waktu itu dapat apaan ya kira-kira?

Kampanye dan Koleksi

Ngomong-ngomong soal unik, zaman dulu juga ada koin yang bergambar gerakan menabung, adanya di koin Rp 10. Yoi, namanya sudah bukan ‘sen’ lagi, tapi ‘rupiah’. Ada juga koin Rp 5 yang bergambar program Keluarga Berencana di taun 1974. Jadi di gambarnya, ada bapak, ibu sama 2 orang anak. Untung KB, coba anaknya banyak, kebayang deh ribetnya gambar tuh koin..
100_3158

Buat yang suka mengoleksi, ada juga nih koin yang layak banget disimpan, yaitu koin Indonesia yang bahannya dari perak dan emas. Koin-koin ini cuma bersifat sebagai benda koleksi, gak bisa buat jajan, apalagi jajan di warung remang-remang. Untuk koin perak, nominal tertinggi adalah yang bergambar Soekarno, senilai Rp 25.000 dan untuk koin emas, nominal tertingginya adalah yang bergambar Soeharto, yaitu 850.000.

soeharto via uang-kuno.com
soeharto via uang-kuno.com

Lumayanlah buat menuhin celengan..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s