8 Fakta Unik Tentang Kambing yang Menarik untuk Diketahui

rsz_kambing-1

InfosukaQQ – Kambing. Binatang yang dikenal orang kota sebagai makanan. Kambing biasanya dijadikan sate, juga disop. Pada Lebaran Haji, biasanya kambing merupakan objek kurban selain sapi dan domba. Tapi apakah kamu tahu bahwa cukup banyak fakta menarik dan unik di balik eksistensi kambing? Sambil menikmati santapan daging di hari yang fitri, selamat menyimak beberapa cerita tentang kambing di bawah ini:

1. Menemukan Kopi

rsz_berry-coffee

Jadi ceritanya, kawanan kambing di Ethiopia yang disebut Kaldi menyadari kompatriotnya menggigiti buah merah kecil cerah berbentuk biji di semak-semak. Kambing-kambing yang menggigit itu menjadi lebih energik setelah mengunyah buah tersebut. Kaldi pun ikutan. Setelah itu mereka membawa biji itu kepada seorang cendikiawan Islam, tapi doi gak suka dan malah ngelempar biji-bijian tersebut ke dalam api yang memancing aroma yang sungguh memikat. Doi pun dengan cepat meraupnya dari bara dan melarutkannya ke air panas. Terciptalah segelas kopi pertama di dunia. Setipe dengan kisah kopi luwak ya? Walaupun kita gak pernah tau kenapa doi langsung kepikiran nyeduh kopi dan kebenaran cerita ini diragukan oleh salah seorang yang pertama kali nulis buku tentang kopi bernama Antoine Faustus Nairon, tapi ingat, mitos itu 99 persen benar. Lagian cerita rakyat biarlah menjadi cerita, iye gak?

2. Yang Pertama Dijinakkan

rsz_kambing-kuno

Pada tahun 10.000 SM (Sebelum Masehi), binatang kedua setelah dua ribu tahun lebih sejak menaklukkan anjing, yang dijinakkan oleh nenek moyang kita bukanlah ayam, bebek, ataupun kucing. Yang dijinakkan oleh para pemburu pada saat itu adalah kambing pigmi. Jadi bisa dibilang susu kambing adalah susu binatang pertama yang dicicipi manusia. Bisalah ya kalo anjing dan kambing dibilang sebagai binatang-binatang pertama yang berhasil tinggal bersama manusia. Abis itu pada bertani deh.

3. Gak Semua Kambing Bau

rsz_kambing-bau

Menurut info yang sangat terpercaya, hanya kambing jantan yang gak dikebiri yang memiliki bau dan biasanya selama musim kawin. Di sebagian besar daerah, biasanya musim kawin terjadi pada musim gugur. Umumnya betina dan jantan yang dikebiri gak mempunyai bau.

4. Jantan dan Betina Sama-Sama Punya Jenggot dan Tanduk

Goats Go.. Inspecting.

Bila masih bingung ngebedain mana yang jantan dan betina, patut perhatikan poin ini. Yang sering beredar di masyarakat adalah cuma kambing jantan yang punya jenggot dan tanduk. Salah besar. Kambing betina juga punya dua aksesoris tersebut. Tapi biasanya jenggot dan tanduk kambing jantan lebih panjang dan besar ketimbang betina. Udah bisa ngebedain ya.

5. Susu

rsz_susu-kambing

Tadi sempat disinggung bahwa susu kambing merupakan susu dari binatang pertama yang diminum oleh manusia. Nah, statistik mengatakan kalo sekarang kambing merupakan binatang yang susunya paling banyak diminum oleh seluruh umat manusia, bahkan udah melebihi sapi. Oh ya sekedar informasi tambahan, molekul lemak susu kambing lima kali lebih kecil dari sapi, membuatnya lebih mudah dicerna. Sementara itu kandungan kalsium dan vitamin A di susunya lebih tinggi dari sapi.

6. Kokoh di Permukaan Curam

Kambing jago banget manjat, bahkan di permukaan yang curam banget sekalipun. Intip aja coba video di atas. Kalo kambing yang manjat pohon bisa kamu temukan di video yang di bawah ini nih.

7. Satu dari 12 Belas Shio

rsz_shio-kambing

Ada dua belas makhluk dalam zodiaknya orang Cina atau biasa disebut shio. Menurut internet, biasanya yang bershio kambing lembut dan gak tegaan terhadap sesama. Watak utamanya yang lain adalah budiman, tulus, dan mudah tersentuh. Sensitif banget ya. Shio kambing juga terkenal sebagai pekerja yang kreatif, kayak yang nulis-nulis di MBDC gini deh.

Orang terkenal yang shionya kambing:

– Adam Levine (vokalis Maroon 5)
– Xavi Hernandez (legenda sepakbola Barcelona dan Spanyol)
– Kurt Cobain (Nirvana)
– George Harrison (gitaris the Beatles)
– Ed Sheeran (penyanyi)
– Boediono (Wakil Presiden Indonesia 2009-2014)
– Kimi Raikkonen (Pembalap F1)
– Vin Diesel (aktor)
– Bruce Willis (aktor)

8. Enak Disop

rsz_sop-kambing-tanah-abang

Hari ini di rumah kamu pada makan kambing gak? Kambingnya diapain? Disate atau ditongseng? Yang jelas, jangan lupa dibikin sop tuh kambing. Enak banget.

Ada lagi gak fakta menarik dan unik soal kambing yang infosukaQQ belom tau? Langsung ungkapkan aja di kolom komentar ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s