Jepang Sensi Sama China Gara-Gara Kereta Api Cepat Pesanan Indonesia

rsz_1high-speed-train-models-from-china-for-jakarta-to-bandung-route

InfosukaQQ – Jadi gini, Indonesia kan mau bikin kereta api cepat atau bahasa kerennya High Speed Train (HST) yang rencananya buat jurusan Jakarta-Bandung. Nah Indonesia open tender deh, datanglah dua negara, Jepang dan China. Tapi akhirnya kedua negara itu ditolak sama Jokowi, karena kedua negara itu minta jaminan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Jokowi gak mau ngelibatin APBN dalam proyek ini.

Nah akhirnya dibukalah open tender jilid II dan yang ikut masih dua negara itu, Jepang dan Cina. Tapi kali ini Indonesia menangin China, karena akhirnya China setuju buat gak pake jaminan APBN. Dari sinilah awalnya kenapa Jepang sensi ama China.

Media Jepang bilang, Indonesia lebih mentingin uang daripada teknologi, karena menurut Jepang, kereta cepat buatan China lebih murah tapi gak aman. Udah pernah kejadian juga dan banyak yang meninggal pas naik kereta cepat buatan China itu.

rsz_1615614a8e430d871444194532-560x517

Jepang sih bilangnya gak ada masalah sama China tapi kok Jepang tetep ngarep ya supaya Jokowi batalin kerjasama sama China dan open tender ulang. Ya gitulah Indonesia, ternyata bukan masyarakatnya aja yang suka sama barang-barang China, pemerintahnya juga.

Admin juga suka kok sama yang asli China, tapi yang kaya gini sih 🙂

rsz_23-kitty-zhang-00-698x558-560x448

Jangan lupa komen ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s