10 Peraturan Sekolah Ini Emang Agak Aneh. Kamu Pasti Pernah Ngalamin!

X-peraturan-sekolah-yang-aneh-kirana

InfosukaQQ – Sekolah itu tempatnya kamu dididik, dibina, dan dibentuk. Makanya banyak peraturan dibuat supaya kegiatan belajar mengajar jadi lancar tanpa hambatan. Kalo peraturan jam masuk sekolah, peraturan gak boleh keluar saat istirahat, masih masuk akal lah kalo diterapkan. Tapi kalo peraturan-peraturan ini, kayaknya agak aneh sih.

1. Gak Boleh Nginjek Belakang Sepatu

Hidup jadi pelajar itu gampang-gampang susah, kalo lagi buru-buru, kan suka males pake sepatu dengan benar. Udah gitu nyaman juga jadinya berasa kayak pake sendal. Tapi, kenapa belakang sepatu yang tempat tumit itu gak boleh diinjek, agaknya sih masuk akal. Coba perhatiin orang yang sepatu belakangnya diinjek kayak gini:

Diinjek belakangnya
Diinjek belakangnya

Jelek ya keliatannya? Gak rapi. Mungkin itu maksud tujuannya guru-guru makanya ngelarang murid-murid buat nginjek belakang sepatu. Lagian sepatu jadi cepet rusak juga sih. Tapi kalo emang udah gayanya kayak gitu, memang udah style dia sehari-hari, gimana dong?

2. Sepatu Harus 90% Hitam

Item, titik!
Item, titik!

Ini juga masih misteri sih, apa hubungannya ya sepatu harus warna hitam sama kegiatan belajar? Kalo supaya keliatan lebih formal, mungkin bisa aja. Biar gak mencolok, bisa jadi. Biar gak ada kesenjangan? Ya sepatu bermerk kan juga banyak yang warnanya item. Kalo biar semuanya sama, kenapa harus warna item? Gak warna putih atau hijau gitu? Mr. I banget.

3. Tali Sepatu Gak Boleh Warna-warni

Pake beginian ke sekolah langsung disuruh pulang
Pake beginian ke sekolah langsung disuruh pulang

Udah mah harus item, terus talinya gak boleh juga warna-warni. Harus hitam, atau seenggaknya putih lah masih dibolehin. Kenapa ya? Kan boring kalo plain black gitu. Apalagi yang cewek-cewek, pasti demen banget deh pake tali warna-warni. Malah ada juga yang tali sepatunya diganti pita. Ck. Langsung disuruh copot tuh pasti.

4. Gak Boleh Pake Jaket di Dalem Kelas

Tuh pake jaket dia!
Tuh pake jaket dia!

Kecuali lagi sakit, gak boleh tuh kamu pake jaket atau cardigan di dalam kelas saat lagi jam pelajaran. Kenapa ya? Padahal kan gak ganggu juga. Siapa tau aja abis keringetan terus burket pengen ditutupin pake jaket. Siapa tau emang bau badan sehingga mau disamarkan dengan jaket. Atau bisa jadi bajunya sobek jadi harus ditutup pake jaket. Mungkin ditakutkan nyimpen hal-hal yang enggak-enggak kali ya macem komik atau rokok gitu.

5. Beli Apa-apa Harus di Koperasi Sekolah

Ini punya gue! (kata cewek di sebelah kiri)
Ini punya gue! (kata cewek di sebelah kiri)

Nah ini nih, padahal di toko langganan, yang biasa jual atribut sekolah gitu lebih murah harganya dibandingin sama di koperasi. Atau buku-buku LKS dan buku cetak gitu, lebih murah kalo di luar, tapi biasanya di sekolah suka ada paket gitu deh.

6. Gak Boleh Bawa Handphone

Gak boleh bawa HP!
Gak boleh bawa HP!

Ada beberapa sekolah yang gak memperbolehkan muridnya bawa handphone berkamera ke sekolah, dan ada juga yang gak ngebolehin sama sekali muridnya bawa HP. Mungkin kalo HP-nya terlalu canggih jadi disalahgunakan ya apalagi anak sekolah kan masih alay gitu suka ngepost aneh-aneh. Atau yang ada malah dipake main games atau chattingan saat pelajaran. Sebenernya sih bawa HP itu lumayan penting karena kan kalo ada apa-apa bisa gampang dihubungin sama orang tuanya. Misalnya kalo janjian minta jemput atau ada apa gitu, bisa langsung dikasih tau lewat HP.

7. Gaya Rambut Gak Boleh Aneh

Tapi cantik gini
Tapi cantik gini

Gak boleh dicat, gak boleh di-skin pinggirnya, gak boleh gondrong, gak boleh digimbal, pokoknya rambut harus biasa dan terlihat seperti anak baik-baik. Padahal, yang rambutnya dicat, digimbal, atau botak sekalipun, bisa aja berperilaku baik atau gak baik. Artinya, gak ada hubungannya antara rambut dengan kelakuan. Sekali lagi, ini sih untuk citra kerapihan aja gitu.

8. Gak Boleh Pake Aksesoris Gaul

Gaul begini
Gaul begini

Pake headband, pake iket pinggang warna-warni ada tulisannya gede-gede, terus pake topi yang bukan topi sekolah, terus pake gelang-gelang, ya pokoknya yang aneh-aneh deh. Pasti langsung disuruh dicopot. Sebenernya sih lebih karena ke norak dan gak enak diliat aja kali ya. Tapi kalo emang udah jati dirinya kayak gitu, anak gaul yang alay, gimana dong masa dipaksa jadi anak biasa.

9. Gak Boleh Ninggalin Buku di Kolong Meja

harus kosong
harus kosong

Kolong meja sekolah itu tempatnya harta karun. Kadang, suka ada aja barang berharga yang ketinggalan di situ. Mulai dari HP, alat tulis, mainan, novel, atau barang-barang lainnya. Tapi yang paling haram ditinggalin di situ adalah buku! Guru-guru sangat tidak menyarankan buku pelajaran ditinggal di kolong meja. Harus dibawa biar di rumah bisa belajar, gitu katanya. Ya sih, kan suka ada PR gitu-gitu ya. Tapi kadang percuma sih dibawa-bawa juga, pada kenyataannya gak banyak yang belajar di rumah karena udah terlalu cape di sekolah. Yang ada malah ngeberat-beratin punggung aja.

10. Harus Ikut Pelajaran Tambahan

Bukan pelajaran tambah-tambahan. Aaaaak
Bukan pelajaran tambah-tambahan. Aaaaak

Nah ini gak boleh dibantah, jadi kalaupun misalnya ada yang udah les di luar duluan, tetep harus ikut juga pelajaran tambahan di sekolah. Kadang bukan tambahan yang tambahan banget, malah seringnya suka nerusin pelajaran di sekolah gitu deh. Lanjut ngerjain tugas yang belum selesai, lanjut presentasi buat yang gak kebagian maju di jam pelajaran, atau malah haha hihi aja di kelas gak jelas.

Aneh ya. Menurut kamu peraturan paling aneh yang mana? Kalo di sekolah kamu sendiri gimana, apa peraturan yang paling aneh?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s